5 Cara Sukses Memulai Usaha Konveksi, Gunakan Genset Salah Satunya

Posted on

Bagi Anda yang berencana ingin membuka usaha dan masih bingung mencari bidang usaha apa yang tidak perlu modal banyak namun menghasilkan untung yang lumayan besar. Maka, Anda dapat mencoba memulai usaha konveksi pakaian atau baju.

Usaha konveksi pakaian atau baju ini adalah salah satu bidang bisnis yang cukup menjanjikan bagi Anda yang berencana untuk berwiraswasta. Untuk Anda yang ingin membuka usaha konveksi pakaian, berikut ada 5 cara sukses untuk memulai usaha konveksi pakaian agar usaha konveksi Anda dapat menembus pasaran.

  1. Tentukan Produk Konveksi

Menentukan produk konveksi adalah langkah awal yang harus Anda lakukan. Anda harus tahu betul produk-produk apa saja yang ingin Anda buat dalam bisnis ini. Misalnya kaos, poloshirt, seragam, ataupun jaket. Kemudian juga Anda harus memiliki karyawan yang telah memilki pengalaman di bidang ini, khususnya dalam pembuatan segala jenis konveksi dan usahakan karyawan yang Anda pekerjakan mampu membuat segala jenis konveksi tersebut.

  1. Mempersiapkan Modal Usaha

Semua bisnis pastinya akan membutuhkan sebuah modal. Modal menjadi penggerak roda usaha yang akan Anda tekuni.Untuk bisnis konveksi pakaian pun membutuhkan modal. Modal yang diperlukan tidaklah besar karena hanya membeli peralatan saja, seperti mesin jahit, mesin pemotong kain, meja , dan bahan kain secukupnya.

Juga Anda harus memperkirakan modal dengan harga dari alat-alat tersebut dan alat-alat penunjang lain. Dalam usaha konveksi menengah biasanya akan menyediakan genset sebagai antisipasi terhadap pemadaman listrik yang tiba-tiba. Anda tidak perlu khawatir karena sudah banyak yang jual mesin genset diesel yanmar dan juga yang jual genset 50 kva di Surabaya karena genset merk itu sangat efektif, nyaman dipakai, ramah lingkungan , dan harganya yang tidak terlalu mahal.

Dalam mempersiapkan modal usaha yang terpenting adalah mengkalkulasikan modal awal sebelum Anda menerima pesanan konveksi agar Anda dapat menetapkan harga jual konveksi yang akan Anda produksi.

  1. Optimalkan Lokasi Usaha

Faktor penting dalam membuka sebuah usaha adalah mengoptimalkan lokasi usaha Anda. Maksudnya disini adalah Anda bisa menggunakan rumah Anda kalau memang modal usaha Anda tidak cukup untuk membeli atau menyewa tempat.

  1. Maksimalkan Strategi Promosi

Strategi promosi sangat penting untuk menarik minat dari para konsumen. Di era digital ini, Anda dapat memanfaatkan media sosial sebagai media yang efektif untuk menarik konsumen. Buatlah tampilan sekreatif mungkin.

Anda juga dapat menyebarkan pamflet atau brosur untuk menggaet para calon kosumen Anda dan juga agar mereka mempercayakan pesanan konveksi melalui vendor milik Anda. Di awal usaha Anda juga dapat memberikan diskon atau potongan harga khusus untuk menarik minat dari calon konsumen.

  1. Melakukan Kerja Sama

Bagi Anda yang masih awam terkait bisnis ini, maka Anda perlu menawarkan kontrak kerja sama dengan vendor konveksi yang berpengalaman dan sudah memiliki skala pemesanan yang cukup besar. Ini bertujuan untuk mencari mitra kerja juga untuk mengangkat nama dari vendor Anda.