Jenis-Jenis Lighting Panggung Untuk Pementasan Teater Bagian II

Posted on

Jenis-Jenis Lighting Panggung Untuk Pementasan Teater Bagian II

Sewa Lighting Panggung Jakarta – Jika sebelumnya sudah dijelaskan panjang lebar mengenai fungsi dari lighting untuk kebutuhan pementasan drama teater serta jenis lighting panggung Floodlight yang terbiasa digunakan pada panggung teater, berikut fungsi dan luas arena dari penyinarannya, maka selanjutnya akan dibahas mengenai beberapa lighting panggung yang juga seringkali dipakai untuk penyinaran panggung pementasan drama sebagai berikut ini:

Beamlight

Lampu ini memiliki reflector namun tidak memakai lensa. Cahaya yang dihasilkan dari beamlight ini tidak melebar bisa dikatakan jika lampu beam ini cara penggunaannya hampir mirip seperti lampu PAR. Beamlight memiliki kemampuan untuk dapat mengubah ukuran cahaya, jadi sering difungsikan lagi sebagai lampu follow spot. Beamlight ini dapat dipasangi dengan filter warna.

Scoop

Merupakan lampu flood yang memakai reflector ellipsoidal. Di mana sinar cahaya yang akan dihasilkan oleh scoop ini bisa memancar secara merata dengan sangat lembut. Lampu ini umumnya bisa memakai tungstenhalogen maupun bohlam pijar.

Lampu ini sangat efisien untuk membantu menerangi area terbatas dan akan sangat ideal untuk membantu memadukan warna cahayanya, selain dipakai untuk pementasan drama di panggung teater, scoop juga sering digunakan dalam studio televisi, gedung yang memang membutuhkan penerangan khusus, studio fotografi dsb.

Fresnel

Adalah jenis lampu spot yang memakai reflector spherical serta lensa Fresnel. Di bagian tengah dari lingkaran cahaya yang akan dihasilkan memang jauh lebih terang serta meredup ke arah garis tepian cahaya. Setinggan ukuran dari sinar cahaya dilaksanakan dengan mudah, caranya cukup menggerakan bohlam serta reflector untuk bisa mendekati lensa. Sayangnya, lampu jenis ini intensitas cahaya paling tinggi hanya terpusat pada lingkaran cahaya saja jadi jika seseorang pemeran berdiri jauh dari pusat lingkaran cahaya Fresnel maka pemain tersebut tidak akan mendapatkan pencahayaan dengan baik.

Profil

Merupakan lampu spot yang memakai lensai planno convex jadi lingkaran dari sinar cahaya yang bisa dihasilkan mempunyai garisan tepi yang sangat tegas, bila lampu profil ini berada dalam kondisi focus maka batasan lingkaran cahaya tampak jelas dan bila tidak focus maka akan mengabur.