erlinahappyplay.com

Langkah-langkah Menghadapi Masalah

Posted on

Kehidupan tidak akan pernal lepas dari masalah dan ujian. Karena dari masalah dan ujian, kualitas hidup manusia bakal tampak. Perbedaannya, bagaimana manusia bisa mengatasi masalah dengan baik atau malah makin terbenam di dalam masalah tersebut.

erlinahappyplay.com

Pada dasarnya besar atau kecilnya masalah tidak bisa lepas dari kondisi pikiran. Kadang, tanpa Anda sadari sebuah masalah kecil bisa saja menjadi masalah besar jika di dalam pikiran Anda mengondisikan seperti itu. Karena itulah, sewaktu masalah menghampiri, sebaiknya pikiran Anda tidak terbawa arus yang bisa memperparah masalah. Dan perlu Anda ingat jika tidak ada masalah yang tanpa solusi. Dalam perubahan hidup, khususnya masalah, Anda hanya memerlukan pikiran yang jernih untuk mengetahui cara menghadap ujian dan masalah yang datang. Selanjutnya, berserah diri menjadi alternatif dalam menghadapi berbagai macam masalah. Anda tidak akan bisa menghadapi ujian dan masalah ketika pikiran serta hati sedang gundah. Maka dari itu, kondisikan pikiran dan hati Anda supaya lebih tenang. Ketenangan dapat membuka pikiran Anda untuk menghadapi masalah lebih positif.

Selanjutnya, Anda bisa menemukan akar masalah. Anda tidak bisa menemukan cara terbaik dalam mengatasi masalah hidup kalau belum menemukan akar masalahnya. Sebaiknya Anda mengetahui dan memahami dengan jelas masalah apa yang sedang mendatangi. Dengan begitu, Anda memiliki arah yang jelas dan tepat untuk menemukan jawaban dan solusi memecahkan masalah. Dengan mengetahui akar masalah, Anda bisa mengetahui dengan benar kalau yang Anda lakukan sudah ada di jalan yang benar.

Ketika sedang menghadapi masalah jangan sampai membesar-besarkan masalah tersebut. Anda harus mengingat-ingat betul jika ingin mencari dan mengatasi masalah adalah tidak dengan membesarkan masalah. Pasalnya, masalah kecil sekalipun ketika Anda bertindak berlebihan maka tidak akan menemukan titik terang. Masalah kecil malah menjadi masalah besar dan itu berdampak pada kondisi kesehatan tubuh, baik kesehatan pikiran maupun mental.

Sebaiknya berikan porsi yang sesuai dengan masalah yang dihadapi. Jangan melebihkan dan jangan mengurangi sehingga Anda bisa menemukan cara terbaik memecahkan masalah tersebut.