Pengertian Penilaian Kinerja

Posted on

Sebelum mengupas amat jauh mengenai penilaian kinerja karyawan sebaiknya kita jelas definisi penilaian kinerja itu sendiri. Penilaian kinerja punyai berbagai definisi yang udah dikemukakan oleh para ahli. Berikut pengertian penilaian kinerja yang dipaparkan oleh para ahli :

1. Mathis dan Jackson. Penilaian kinerja adalah proses evaluasi terhadap karyawan dalam melakukan pekerjaan yang dikomparasikan bersama standar yang dilanjutkan bersama berikan informasi tersebut terhadap karyawan. Penilaian kinerja sering disebut terhitung bersama perlindungan peringkat terhadap karyawan lewat peninjauan, evaluasi, dan penilaian hasil kerja.

2. Hasibuan perlihatkan bahwa penilaian kinerja adalah aktivitas bagi para manajer untuk melakukan evaluasi terhadap tingkah laku berprestasi para karyawan yang dilanjutkan bersama menentukan kebijaksanaan kedepannya. Hal yang berkaitan bersama penilaian kinerja seperti penilaian loyalitas, kejujuran, leadership, teamwork, dedikasi dan partisipasi.

3. Mondy dan Noe. Definisi penilaian kinerja yaitu tinjauan formal serta proses evaluasi kinerja karyawan maupun kinerja tim.

4. Handoko. Penilaian kinerja adalah langkah untuk mengukur segala kontribusi terhadap setiap karyawan di dalam organisasi. Nilai yang paling mutlak dalam penilaian kinerja ini yaitu berkaitan bersama penetapan tingkat kontribusi karyawan bersama kinerja yang dilakukan terhadap penyelesaian tugas yang jadi tanggung jawab karyawan.

5. Dessler mengatakan bahwa penilaian kinerja merupakan evaluasi kinerja karyawan secara relatif terhadap selagi sekarang maupun yang udah dilakukan yang sesuai bersama standar prestasi.

Secara lazim dapat diartikan bahwa pengertian kinerja adalah penilaian terhadap hasil kerja individu/karyawan yang dihasilkan yang dibandingkan bersama standar yang ada baik mutu maupun kuantitas yang ditetapkan sebelumnya. Penilaian kinerja karyawan sebenarnya mestinya diterapkan untuk jelas mutu kinerja karyawan dan untuk memotivasi karyawan sehingga lebih produktif. Penilaian kinerja karyawan ini terhitung dapat berfaedah bagi organisasi/perusahaan dalam menentukan keputusan di era mendatang.