Renovasi Rumah di Lahan Sempit

Posted on

Dear Arsitek, Saya memiliki rumah di lahan sempit dengan proporsi lahan memanjang. Lebarnya sekitar 3 meter, panjang ke belakang 10 meter, seperti denah eksisting terlampir. Saya ingin merenovasi dengan menambah lantai ke atas, agar bisa memiliki 2 kamar tidur. Mohon sarannya! Fiska, Jakarta

Dear Ibu Fiska, Dengan lebar yang cukup sempit dan lahan memanjang, ruangruang di dalam tidak mendapat cukup udara alami dan sinar matahari langsung, karena minim bukaan. Semua ruang dalam rumah “tertutup” kecuali ruang tamu di bagian depan.

Tips Renovasi di Lahan Sempit

Area depan merupakan satu-satunya tempat akses udara dan cahaya alami ke dalam. Karena itu, saya menambahkan taman kecil di belakang yang terbuka ke atas untuk tambahan akses cahaya dan udara alami.

Pada lantai dasar, ruang tamu di depan sedikit diperkecil, untuk mendapatkan luasan yang cukup bagi ruang keluarga dan ruang makan (sekaligus dapur) di bagian tengah. Bagian belakang, kamar mandi, dan taman.

Di ruang keluarga terdapat tanga untuk ke lantai atas dan terbuka ke void di koridor lantai atas untuk akses ke kamar tidur utama dan kamar tidur anak.

Void tanga yang terbuka ke atas (dilengkapi dengan skylight) membuat rumah berkesan lebih luas dan terbuka. Skylight di area atas tanga juga menambah kekurangan cahaya alami langsung ke dalam rumah.

Rumah minimalis modern seperti di atas rasanya belum lengkap tanpa adanya genset yang dijadikan sebagai sumber alternatif energi listrik ketika listrik dari PLN sedang padam. Genset Perkins merupakan salah satu merk genset berkualitas yang cocok untuk rumah minimalis modern saat ini. harga genset perkins yang murah bisa didapat dari distributor resmi genset Perkins tentunya.

Rajawalindo.com merupakan distributor genset Perkins yang berani untuk memberikan harga yang dapat dinegosiasikan. Selain itu memiliki banyak cabang gudang yang mudah dijangkau di kota Jakarta, Bandung, Jogja, Surabaya, Bali, Semarang, Palembang dan kota lainnya di Indonesia.