Sejarah Sepak Bola Modern

Posted on

Berita Sepakbola – Sejarah sepak bola moderen di mulai di Inggris. Ditandai dari berdirinya sebuah organisasi asosiasi sepak bola melalui pertemuan 11 wakil dari perkumpulan sepak bola yang tersedia di Football Association Freemason’s Tavern (london-inggris).

Dalam pertemuan ini ditetapkan seri peraturan tunggal permainan sepak bola. Kemudian, peraturan berikut diikuti oleh asosiasi sepak bola Wales, Skotlandia, dan Irlandia. Selanjutnya, keempat asosiasi berikut bakal membentuk International Football Association Board (IFAB) untuk bisa mengkoordinasi peraturan sepak bola dunia.

Sejalan dengan perkembangan dan kemajuan sepak bola dunia, maka didirikanlah Federation International de Football Association (FIFA) di Paris, Prancis terhadap 21 Mei 1904.

Sebuah pertemuan yang digagas oleh dua tokoh sepak bola yakni Henry Delaunay dan Jules Rimet berikut dihadiri oleh 7 negara yakni Denmark, Spanyol, Swedia, Swiss, Belgia dan belanda.

Negara-negara berikut lalu ditetapkan sebagai anggota FIFA pertama yang diketuai oleh Robert Guerin yang berasal dari Prancis.

Kejuaraan sepak bola yang tersedia terhadap masa itu masih tergolong didalam lingkup olimpiade, namun kenggotaannya konsisten bertambah.

Berikut ini daftar moment penting perjalanan sejarah sepak bola moderen berdasarkan tahun:

1. Tahun 1863, terbentuknya Asosiasi Sepak Bola Inggris.
2. Tahun 1885, diselenggarakannya pertandingan di luar lokasi Inggris, yakni Kanada melawan Amerika.
3. Tahun 1886, diadaannya rapat pertama kali dengan agenda mengkaji pembentukan organisasi yakni Asosiasi Sepak Bola Dunia.
4. Tahun 1888, ditetapkan peraturan bahwa wasit sudah menjadi memegang penuh kendali didalam pertandingan.
5. Tahun 1904, FIFA terbentuk di Prancis dengan beranggotakan Swedia, Swiss, Spanyol, Belanda, Belgia dan Prancis.
6. Tahun 1904, kelanjutannya FIFA berdiri dengan obyek untuk bisa memajukan sepak bola dunia dengan berslogan “For The Game, For The World” yang artinya permainan sepak bola bakal jadi sebuah pemersatu antar bangsa sehabis perang dunia. Markas FIFA beralamat di Zurich, Swiss yang merupakan tempat untuk memandang kegiatan yang dilakukan oleh FIFA, jika pengundian liga champion, pemberian gelar pemain paling baik dan lain-lain. Adapun tugas yang diemban oleh FIFA adalah mempromosikan sepak bola, melaksanakan pengaturan transfer pemain dari tim ke tim yang lain, menentukan gelar pemain paling baik dunia, dan mempublikasikan daftar peringkat dunia FIFA terhadap tiap tiap bulannya.

Perkembangan sepak bola di dunia konsisten berlanjut, hingga terhadap th. 1908 permainan sepak bola dimasukkan ke didalam Olimpiade dan menyelenggarakan kegiatan kejuaraan dunia pertama untuk permainan sepak bola atau Piala dunia di Uruguay terhadap th. 1930-an.

Ada hal yang unik di luar dari tehnis permainan sepak bola yang harus dicatat, yakni adanya kesuksesan BBC yang jadi stasiun televisi pertama yang berhasil menayangkan permainan sepak bola di th. 1938, dan terhadap th. 1966 digunakannya fitur replay didalam tiap tiap gol yang terjadi di siaran televisi.

Permainan sepak bola, sepanjang sejarah sepak bola sebetulnya merupakan layanan hiburan yang paling banyak digemari oleh banyak orang di dunia. Hal inilah yang mengakibatkan FIFA lalu memperlebarkan sayap dengan membentuk lebih dari satu badan asosiasi regional yang terdiri dari lebih dari satu negara sebagai berikut ini:

• UEFA (Union of European Football Associations) yang merupakan suatu kelompok atau asosiasi sepak bola termasuk negara-negara Eropa.

• CONCACAF (The Confederation of North, Central American plus Caribbean Association Football) yang merupakan sebuah kelompok atau asosiasi sepak bola yang menaungi negara-negara yang tersedia di Amerika Tengah, Karibia dan Amerika Utara,

• CONMEBO (Confederacion Sudamericana de Futbol) yang merupakan suatu kelompok atau asosiasi sepak bola yang menaungi negara-negara di Asia.

• CAF (Confederation of African Football) yang merupakan kelompok atau asosiasi sepak bola untuk menaungi negara-negara yang tersedia di Benua Afrika.

• OFC (Oceania Football Confederation) yang merupakan asosiasi sepak bola yang menaungi Negara Oceania.

Itulah perjalanan sejarah sepak bola dunia. Akan menjadi tidak lengkap kalau kami sudah mengkaji sejarah sepak bola dunia namun tidak mengkaji sejarah sepak bola Indonesia.

Oleh karena itu, sebagai orang Indonesia tersedia baiknya kami juga memahami seperti apa sejarah sepak bola Indonesia?