Dealer Mobil Honda

Tips Agar Plafon Mobil Lebih Awet

Posted on

Apakah Anda memiliki mobil yang sering terparkir di area terbuka dan terpapar oleh terik sinar matahari secara langsung? Maka yang jadi perhatian Anda kemungkinan besar akan tertuju pada kondisi cat mobil dan bagian wiper. Ya, kedua bagian ini memang seringkali bermasalah saat mobil terlalu sering kepanasan.

Dealer Mobil Honda

Resiko Mobil yang Sering Terpapar Panas Matahari

Namun agaknya, Anda juga harus memperhatikan bagian lain yang mungkin mengalami masalah oleh intensitas panas berlebih ini dalam jangka waktu cukup lama. Bagian tersebut adalah plafon mobil. Inilah mengapa kebanyakan dealer mobil Honda selalu menganjurkan unit Anda sebaiknya selalu diparkir di tempat teduh.

Jadi, interior Anda mungkin masih cukup terlindung oleh cover di kaca mobil sehingga sinar matahari dapat terpantul. Namun bagian plafon tetap harus merasakan panasnya terjemur dan akan mengalami penurunan kualitas seiring waktu. Plafon seringkali dikesampingkan kesehatannya oleh para pemilik mobil yang sering berpanas-panasan.

Bagian langit-langit kabin mobil ini memang terpengaruh oleh panas sinar matahari secara langsung. Tentu saja, panas yang diterima dialirkan dari bagian atap mobil yg terpapar oleh sinar matahari. Mengingat Indonesia adalah nagara tropis, maka intensitas panas yang didapat pun juga cukup intens. Hal ini akan mempengaruhi busa pada plafon tersebut.

Kondisi busa yang sering terpapar panas ini akan terlihat dari bagian plafon yang terlihat turun dan mengendur. Pada mobil-mobil Jepang, hal ini tidak berpengaruh sekeras pada mobil buatan Eropa yang biasanya sudah langsung terlihat setelah 3 tahun sering kepanasan. Mobil Jepang seperti Honda cenderung lebih awet sebab desainnya dibuatĀ  tak terlalu jauh dari negara perisetnya.

Mobil Eropa seperti Mercedes-Benz, Volkswagen, Audi, Jaguar Land Rover hingga Ferrari dan Lamborghini sering mengalami masalah plafon yang ditandai dengan busa plafon yang mengeras, rontok ataupun mengempis. Paparan suhu ekstrim yang cenderung berubah-ubah iniĀ  akan membuat para pemilik kendaraan melakukan perbaikan yang bisa memakan waktu hingga mingguan.

Tips agar plafon Anda lebih awet tentu saja dengan menghidari parkir berlama-lama di tempat terbuka. Selain itu, cara lain yang juga perlu Anda lakukan adalah dengan menyediakan tempat menaruh mobil yang teduh. Cara ini selalu direkomendasikan oleh dealer mobil Honda agar mobil Jepang Anda bisa lebih awet.