Tips Menempatkan Mesin Genset Di Tempat Dengan Desain Terbaik

Posted on

Tips Menempatkan Mesin Genset Di Tempat Dengan Desain Terbaik

Jual Genset – Untuk perusahaan, kantor, industry kelas menengah ke bawah bahkan rumah tangga, memiliki genset merupakan suatu keharusan, karena dengan genset, tidak perlu khawatir saat listrik padam karena secara otomatis listrik akan menyala lagi ketika mesin gensetnya dijalankan.

Di negara kita, ada banyak sekali varian merk mesin genset, ada yang diekspor dari Jepang bahkan ada merk buatan Amerika. Supaya mesin genset yang Anda miliki di rumah bisa beroperasi dengan maksimal, maka mesin genset perlu diletakkan di lokasi yang baik yang memang telah didesain khusus. Dengan memerhatikan pula lokasi dari penempatan mesin genset, selain mampu memudahkan penggunaan mesin genset, juga akan membantu operator dalam menjalaankan mesin ketika butuh melakukan perawatan maupun perbaikan.

Kadang-kadang mesin genset sengaja ditempatkan begitu saja oleh pemiliknya sehingga inilah yang memicu terjadinya keracunan gas karbon monoksida karena ventilasi udara yang buruk atau bahkan korsleting listrik dan kebakaran. Supaya hal ini tidak menimpa kita, pastikan untuk mendesain tempat penyimpanan mesin genset dengan sangat baik. Inilah hal yang harus Anda lakukan saat mencoba untuk membuat ruangan mesin genset;

Terlindungi Dari Hujan

Ruangan mesin genset sudah semestinya harus dibuat untuk melindungi mesin dari hujan, cahaya matahari bahkan angin. Tiga factor yang telah disebutkan sebelumnya dapat memberikan pengaruh pada kinerja mesin genset bahkan bisa membuat mesin mengalami kerusakan dengan lebih cepat, jadi ruangan mesin genset memang harus didesain dengan sedemikian rupa dan pastinya memiliki pelindung memadai.

Ventilasi Cukup

Mesin genset bekerja untuk menghasilkan listrik jadi tidak aneh jika mesin ini menghasilkan panas, ruangan mesin genset harus mempunyai ventilasi mencukupi untuk membantu mengeluarkan gas hasil dari pembakaran dan memasukkan aliran udara baru yang masih segar. Selain itu, radiotar dari mesin genset biasanya akan menghasilkan udara panas yang dapat meningkatkan suhu di ruangan secara cepat dan signifikan. Untuk mengalirkan udara panas tersebut, kia harus membuat ruangan yang tepat yang mampu menghisap udara panas dengan sebaik mungkin.