Yuk, Nikmati Wisata Jogja dengan Keliling Pantai Gunungkidul!

Posted on

Wisata Jogja memang memberi tambahan berjuta pesona. Selain terkenal sebagai kota pelajar ini, Jogja terkenal akan tempat-tempat wisatanya yang aduhai. Terlebih, wisata pantainya. Duh…, nggak tersedia tandingannya deh. Letaknya yang terlalu strategis dikarenakan berbatasan langsung dengan Samudra Hindia, mengakibatkan pantai-pantai di Jogja terlalu menantang. Apa saja pantai-pantai nan indah itu? Yuk, susuri satu per satu.

1. Pantai Indrayanti

Meskipun namanya terdengar aneh, namun jangan ditanya tentang panoramanya. Banyak wisatawan yang telah mengakui keindahan pantai yang terdapat di Tepus Gunungkidul ini. Pemandangan eksotis dan nuansa romantis yang tercipta di area ini tidak kalah dengan Pantai Kuta di Pulau Bali. Bahkan, dapat diistilahkan Pantai Indrayanti adalah Kutanya Jogja. Pantai yang berdampingan dengan Pantai Sundak, hanya dibatasi bukit karang, ini menawarkan pesona pasir putih khas pantai selatan. Selain itu, batu karang dan air laut yang jernih berikan perpaduan yang tepat untuk indra penglihatan para wisatawan.

Belum ulang banyaknya sarana yang ditawarkan, baik oleh pihak swasta atau pemerintah daerah. Parkir yang luas terlalu sangat mungkin untuk menampung banyak bus pariwisata. Memang, dengan makin tersohornya area ini, banyak jasa paket wisata Jogja yang sesudah itu memasukkan pantai ini sebagai salah satu obyek destinasi wisata. Banyaknya spot menarik, terdapatnya kafe, penginapan yang unik dan natural banget, dan gazebo-gazebo yang berdiri makin menambah kenyamanan bagi wisatawan. Rugi deh jika Anda melepas area ini kala datang di Jogja.

Rute untuk capai area ini pun tidak susah. Jika Anda menginap di salah satu hotel Jogja di pusat kota, Anda tinggal menuju ke arah Piyungan, dilanjutkan ke Patuk – Wososari – Jalan Saptosari – Tepus – sebelum masuk Pantai Baron ambil arah timur ke Pantai Sundak – Somandeng – Pantai Indrayanti.

2. Pantai Sadranan

Sama seperti pantai lain di Jogja, Pantai Sadranan membawa pasir putih yang indah dan juga lebih dari satu karang yang berdiri kokoh di pinggir pantai. Pantai ini terlalu sepi dan tenang dikarenakan sebetulnya belum banyak yang mengenalnya. Padahal, jika dilihat dari didalam air laut, pantai ini juga menarik untuk dijadikan sebagai area snorkling yang mengasyikkan. Pemandangan bawah lautnya dapat mengakibatkan para wisatawan terbelalak takjub.

Fasilitas di pantai ini lumayan lengkap, jadi dari rumah makan dengan beraneka menu seafood hingga gazebo yang berderet di selama pantai Sadranan. Jika Anda menggunakan paket tur Jogja, silahkan pakai gazebo besar yang dapat menampung belasan orang. Sedangkan, jika Anda hanya membawa lebih dari satu orang saja, lumayan pakai gazebo kecil.

Meskipun akses menuju pantai ini tidak mulus, namun panorama yang ditawarkan sungguh terlalu sukar untuk ditolak. Jika dari pusat kota Jogja, Anda tinggal menuju arah Gunungkidul melalui Jalan Wonosari. Setelah pasar Wonosari, ambil kanan menuju Pantai Baron. Dari Pantai Baron selamanya ke arah timur hingga terdapat papan nama menuju Pantai Sadranan yang terdapat di kanan jalan.

3. Pantai Nglambor

Pantai yang tetap asri dan alami ini terlalu sesuai buat Anda yang gemar bersnorkling ria. Anda dapat membawa sendiri alat snorkling atau menyewa di area ini. Jangan khawatir, tidak mahal untuk harga sewanya. Hanya dengan Rp50.000,00 Anda telah dapat melakukan hobi Anda menikmati panorama kehidupan bawah laut. Terumbu karang yang bertebaran sangatlah cantik. Belum ulang aneka ragam ikan laut yang lucu-lucu, makin menambah keindahan panorama bawah lautnya. Maklum saja, pantai ini merupakan salah satu pantai yang dijadikan sebagai konservatif flora dan fauna pantai. Rugi jika tidak Anda menikmati sambil menyelam. Namun, ingat ya, jika Anda menyelam di area ini, jangan hingga merusak ekosistem di dalamnya ya. Kebersihan juga wajib Anda jaga supaya kealamian, keasrian, dan kebersihan pantai ini selamanya terjaga.

4. Pantai Ngobaran

Pantai ini sedikit tidak sama dengan pantai lainnya. Di area ini terdapat pura dan mushola kecil yang terdapat di tebing atas bibir pantai. Dari sinilah Anda dapat melihat keindahan hempasan ombak air laut yang menghantam kaki-kaki tebing. Di pantainya ini juga sering digunakan untuk upacara ritual bagi penganut aliran kejawen. Pantai ini sebetulnya berarti toleransi beragama. Dengan kepercayaan yang berbeda, mereka dapat melakukan ibadah secara berdampingan dan damai.

Untuk masuk pantai ini tidaklah mahal. Hanya dengan Rp3.000,00, Anda telah dapat menikmati panorama yang ditawarkan pantai ini. Jika Anda pakai kendaraan dari salah satu jasa sewa mobil Jogja, Anda hanya dikenakan biaya Rp5.000,00 untuk parkir. Tidak mahal, bukan?

5. Pantai Parangtritis

Inilah maskot sekaligus master dari pantai-pantai di Jogja dikarenakan telah kesohor dari sejak pernah kala. Banyak orang yang yakin bahwa pantai ini merupakan perwujudan kesatuan antara Gunung Merapi, Keraton Jogja, dan Parangtritis itu sendiri. Sehingga, jika berlangsung kejadian luar biasa dari salah satu area ini, sering dikaitkan dengan dua area yang lainnya.

Yang unik dari pantai ini adalah ombaknya yang tinggi, apalagi hingga capai 2–3 meter. Tak heran jika pemerintah setempat melarang pengunjung untuk berenang di laut. Sebagai gantinya, telah di sediakan area pemandian lazim yang unik, yaitu Parang Wedang. Selain itu, terdapatnya gumuk pasir di lebih kurang pantai juga menambah keindahan dari pantai ini. Gumuk merupakan kumpulan butiran halus pasir yang berasal dari pasir pantai yang diterbangkan angin hingga membentuk bukit-bukit kecil. Anda dapat menikmati keindahan gumuk ini kala melintas di jalur kecil dengan pakai mobil. Jika Anda berasal dari luar kota, silahkan pakai jasa rental mobil Jogja.